POSYANDU (Pos Pelayanan Terpadu)

Pengertian Posyandu adalah sebuah kegiatan yang menyangkut dengan kesehatan dari dan oleh masyarakat sendiri yang tentunya dibantu oleh petugas-petugas kesehatan. Kepanjangannya sendiri adalah Pos Pelayanan Terpadu. Posyandu sendiri Posyandu mulai ada sejak tahun 1984 yang mana dipelopori oleh salah satu mantan Presiden Indonesia, Soeharto.

Posyandu melayani kesehatan mulai dari yang masih dalam kelompok balita hingga lansia. Di Posyandu balita akan diberikan dua belas jenis imunisasi dalam waktu bayi berumur 0-11 bulan sekaligus menimbang berat badannya untuk memastikan perkembangan anak berjalan dengan normal.perkembangan bayi satu bulan, perkembangan bayi empat bulan bayi enam bulan biasanya masih berkutat di hal yang sama yaitu seputar berat bada bayi, bagaimanakah pola tidurnya, dan pola menyusuinya.

Effendy pada tahun 1998 mengatakan bahwa Posyandu adalah pusat pelayanan kelaurga berencana dan kesehatan yang dikelola untuk mencapai keluarga kecil sehat sejahatera yang mana pada pelaksanaannya dibantu oleh petugas-petugas kesehatan yang ada.

Tujuan Posyandu

Tujuan Posyandu sangat mulia yakni fokus melayani ibu dan anak serta mensejahterakan kesehatan masyarakat dengan program dan pelayanan terpadu.

  1. Menurunkan angka kematian ibu dan anak
  2. Meningkatkan pelayanan kesehatan anak dan ibu demi mencengahnya kematian anak dan ibu
  3. Mewujudkan keluarga kecil sehat sejahtera
  4. Meningkatkan rasa peduli masyarakat akan pentingnya kesehatan

Demi mencapai tujuan posyandu tersebut tentunya Posyandu merumuskan berbagai kegiatan. Kegiatan itu terbagi dalam 2 golongan yaitu kegiatan posyandu dan kegiatan Sapta Krida Posyandu. Berikut adalah program kegiatan Posyandu :

Kegiatan Posyandu

  1. Penanggulangan diare
  2. Peningkatan gizi
  3. Keluarga Berencana
  4. Imunisasi
  5. Kesehatan anak

Kegiatan Sapta Krida Posyandu

  1. Kesehatan ibu dan anak
  2. Keluarga berencana
  3. Imunisasi
  4. Peningkatan gizi
  5. Penanggulangan diare
  6. Sanitasi dasar
  7. Menyediakan obat esensial

Pelayanan Posyandu

Berdasarkan kegiatan-kegiatan tersebut, jenis pelayanan Posyandu yang akan diberikan kepada masyarakat adalah :

Pelayanan Posyandu Untuk Kesehatan Bayi dan Balita

  1. Bayi dan balita akan diperiksa kesehatannya
  2. Setaip bulannya bayi akan ditimbang agar bisa memastikan bahwa perkembangan bayi berjalan dengan normal
  3. Memberikan makanan tambahan
  4. Untuk bayi dan balita berumur 0-11 bulan akan diberi imunisasi
  5. Memberikan oralit sebagai penanggulangan diare
  6. Pertolongan pertama apabila ada yang terkena penyakit berupa pengobatan

Pelayanan Posyandu Untuk Kesehatan Ibu

  1. Memeriksa kesehatan ibu
  2. Memeriksa kehamilan dan nifas
  3. Meningkatkan gizi ibu dengan memberikan vitamin dan pil penambah darah
  4. Memberikan imunsasi tetanus bagi ibu yang sedang dalam keadaan hamil. Sekaligus memberitahu ibu makanan ibu hamil yang sehat dan bergiziagar bayi di dalam perut tercukupi nutrisinya.
  5. Pengobatan sebagai pertolongan pertama kepada ibu yang sakit

Selain itu Posyandu juga akan memberikan edukasi terhadap si ibu agar selalu mengkonsumsi vitamin serta memakan makanan-makanan yang sehat sehingga janin yang ada di dalam perutnya bisa berkembang dengan normal. Tentunya ibu yang sedang dalam kondisi hamil akan sering terserang perasaan lapar sehingga petugas di Posyandu pun akan memberika informasi cemilan sehat ibu hamilitu apa saja untuk memudahkan ibu dalam memilih makanan yang sehat untu dirinya dan si janin.

Kemudian petugas Posyandu juga akan memberikan informasi seperti perkembangan janin pada umumnya serta tanda-tanda akan melahirkansehingga si ibu tahu betul apabila sudah merasakan tanda-tanda tersebut bisa langsung pergi ke rumah sakit.

Lewat ke baris perkakas