Partisipasi Desa Wonosuko dalam Festival Desa Nusantara

        Festival Desa Nusantara yang diselenggarakan oleh pemerintah Kabupaten Bondowoso sebagai peringatan hari jadi Bondowoso. Festival tersebut melibatkan seluruh desa yang ada di Kabupaten Bondowoso. Desa Wonosuko sebagai salah satu desa yang ada di Kabupaten Bondowoso juga berpartisipasi dalam pameran yang menampilkan produk khas desa. Produk yang ditampilkan oleh Desa Wonosuko berupa krupuk ampas tahu, stick ampas tahu, dan vas bunga dari bungkus rokok.


        Krupuk dan stick ampas tahu merupakan produk hasil olahan limbah tahu oleh salah satu warga Desa Wonosuko, Fathorrozi. Kedua produk tersebut menjadi produk unggulan bagi usaha Ozy Sip yang dimiliki oleh Fathorrozi. Sedangkan, vas bunga dari bungkus rokok merupakan hasil kreativitas salah satu warga Dusun Moncek. Vas bunga tersebut sebenarnya bukan untuk diperdagangkan, hanya digunakan secara pribadi. Namun, skill yang dimiliki untuk membuat hasil karya tersebut merupakan potensi sumber daya manusia yang besar.
        Sapik Udin selaku Kepala Desa Wonosuko membawa delapan bungkus krupuk ampas tahu, delapan bungkus stick ampas tahu, dan empat buah vas dari bungkus rokok dengan ukuran yang berbeda. Pameran produk desa tersebut juga dapat digunakan sebagai ajang jual beli. Sapik memberikan harga Rp 8000 untuk setiap bungkus krupuk dan stick ampas tahu yang akan ditampilkan di pameran tersebut. Vas bunga dari bungkus rokok dihargai mulai Rp 25.000 hingga Rp 75.000 sesuai ukurannya.

 

Data ini dihimpun oleh mahasiswa KKN kelompok 212 Universitas Jember (https://unej.ac.id/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas