Shalawatan: Cermin Masyarakat Religius Wonosuko

        Shalawat bentuk jamak dari kata salla atau  salat yang berarti: doa, keberkahan,kemuliaan, kesejahteraan dan ibadah. Shalawat itu datang dari Allah swt, berarti memberi rahmat kepada makhluk.Shalawat dari malaikat berarti memberikan ampunan, sedangkan sholawat dari orang–orang mukmin berarti suatu doa agar Allah swt memberikan rahmat dan kesahteraan kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya.

       Menurut warga Desa Wonosuko Kecamatan Tamanan Kabupaten Bondowoso sholawat itu doa, baik untuk diri sendiri, orang banyak atau kepentingan bersama. Desa Wonosuko mayoritas warganya beragama islam dan kegiatan rutin pada malamnya yang dilakukan warga Desa Wonouko yaitu bersholawat bersama dengan bergilir dari rumah kerumah dengan memperkuat hubungan kekerabatan antara warga satu dengan warga lainnya.

 

       Umunya kegiatan sholawatan di Desa Wonosuko dibagi dua, putra dan putri. Shalawat putri yang mayoritas dihadiri oleh ibu-ibu dilakukan 3 kali dalam seminggu yaitu pada hari Minggu malam, Selasa malam dan Kamis malam. Di 3 hari tersebut tempat dan ketua sholawatannya berberbeda–beda. Minggu malam bertempat di rumah Haji Ahmad sampai jam 9 malam, Selasa malam di rumah Ibu Rokayah dan di madasrah dilakukan di Kamis malam. Lahirnya shalawatan di Desa Wonosuko ini adalah keinginan masyarakat untuk mempunyai sambungan yang kuat terhadap nabi kita nabi Muhammad SAW dan agar kelak mendapat syafaat nabi Muhamad SAW.

       Hubungan sholawat dengan islam sangat kuat karena sholawat–sholawat selalu berkesenambungan dengan nabi- nabi Allah. Para nabi selalu berjalan di jalan Allah dan selalu membela Allah, dengan bersholawatlah kita bisa mengingat nabi dan Allah dan berharap kita selalu berada pada jalan yang benar yang di ridhoi oleh Allah SWT.

 

Data ini dihimpun oleh mahasiswa KKN kelompok 212 Universitas Jember (https://unej.ac.id/)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas