Antusiasme Belajar Anak Desa Wonosuko

   Pendidikan merupakan salah satu pilar penting untuk membangun bangsa, tugas utama untuk siapapun yang tengah menjalankan pendidikan adalah belajar. Belajar bertujuan melakukan perubahan di dalam diri seperti wawasan dan pola pikir. Adanya kegiatan belajar dapat memberikan perubahan pola pikir menjadi lebih baik.Semangat belajar patut ditumbuhkan sejak usia dini sehingga terbiasa untuk berfikir kritis, kreatif, dan kompetitif.

            Semangat belajar yang tinggi juga dimiliki oleh anak-anak Desa Wonosuko. Anak-anak usia sekolah dasar seringkali memanfaatkan waktu luang setelah pulang sekolah untuk belajar baca tulis Al-Qur’an di madrasah dan mengerjakan tugas sekolah. Semangat belajar yang mereka miliki terlihat dari bagaimana mereka memanfaatkan kehadiran mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) untuk membantu mereka belajar. Pukul 16.00 WIB dan 18.00 WIB mereka manfaatkan untuk singgah di Balai Desa Wonosuko guna belajar bersama mahasiswa KKN UNEJ.Materi hitungan hingga bahasa mereka pelajari bersama. Memecahkan persoalan perkalian maupun deret bilangan berusaha mereka lakukan. Antusiasme belajar tersebut perlu dipertahankan dan terus dikembangkan agar anak-anak Desa Wonosuko dapat menjadi pribadi yang berpengetahuan luas.

Tidak hanya itu anak-anak desa wonosuko sering bertukar pikiran bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Jember (UNEJ) tentang keseharian mereka ketika dirumah dan disekolah.

Minimnya kurikulum yang diberikan oleh sekolah,membuat beberapa siswa menjadi kurang paham dengan beberapa mata pelajaran. Beberapa mata pelajaran yang tidak ada di kurikulum sekolah antara lain Komputer. Oleh sebab itu peran pembantu pengajar sangat dibutuhkan disana. Sehingga Kelompok KKN 212 ikut berpartisipasi atau membantu untuk mengajar. Metode pengajaran  yang pertama pengenalan dari mahasiswa KKN, memberikan motivasi dan belajar bersama.

Antusiasme anak-anak desa wonosuko terlihat sangat tinggi dan sangat memperhatikan ketika mahasiswa-mahasiswa KKN Unej sedang memberikan motivasi. Selain karena mahasiswa-mahasiswa KKN memberikan suasana baru dalam kegiatan belajar bersama, materi yang diberkan juga memberikan semangat dan harapan baru untuk mereka capai. Terlebih, ketika suasana belajar sudah terasa beku, mahasiswa-mahasiswa Unej memberikan berbagai permainan yang dapat mencairkan suasana. Permainan-permainan tersebut merupakan permainan yang melatih ketangkasan, solidaritas, dan kerjasama.

 

Data ini dihimpun oleh mahasiswa KKN kelompok 212 Universitas Jember (https://unej.ac.id/)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lewat ke baris perkakas